Jumat, Mei 02, 2008

DAUR BIOGEOKIMIA

Semua makhluk hidup memerlukan berbagai materi organik dan anorganik. Karbon dioksida dan air diperlukan untuk proses fotosintesis. Nitrogen merupakan komponen penyusun protein dan asam nukleat yang ada di dalam jaringan hidup. Fosfor merupakan unsur penting dalam pembentukan ATP (energi) dan nukleotida. Semua materi yang menyusun tubuh makhluk hidup pada saatnya akan kembali ke alam (atmosfer, air dan tanah), yaitu ketika mahkluk hidup tersebut mati.

Di alam, tubuh makhluk hidup yang telah mati akan diuraikan oleh dekomposer sehingga terbentuk senyawa sederhana. Selanjutnya, senyawa tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh makhluk hidup autrotof. Artinya, semua materi akan mengalir membentuk suatu daur yang melibatkan komponen biotik dan abiotik yang disebut daur biogeokimia.

Vallentyne menjelaskan :
Bio adalah organisme hidup
Geo berarti batu, udara, dan air dari bumi

Gambar unsur bio & geo

Geokimia adalah ilmu yang membahas komposisi kimia bumi dan pertukaran unsur berbagai bagian dari kulit bumi dan lautnya, sungai-sungai dan perairan lainnya.
Huchinson menjelaskan :
" Biokimia adalah pengkajian pertukaran atau perubahan terus menerus (yakni gerakan ke belakang dan kedepan ) dari bahan-bahan antara komponen biosfer dari yang hidup dan yang tak hidup."
"Biosfer adalah lapisan permukaan bumi atau dapat pula disebut ekosistem raksasa, karena terbentuk dari berbagai ekosistem yang saling berinteraksi."


Gambar Daur Biogeokimia

Pergerakan setiap elemen (materi) dapat dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:

1. Bersifat gas
misalnya daur karbon & oksigen, daur nitrogen
2. Bersifat sedimen
misalnya daur fosfor dan daur sulfur
3. Bersifat air
misalnya daur air








 















5 komentar:

arnii mengatakan...

Daur biogeokimia merupakan daur penting yang ada dalam kehidupan manusia. Yang tentunya akan saling mempengaruhi antara daur biogeokimia dengan aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Jika manusia merusak lingkunganm maka daur biogeokimia juga lama kelamaan dapat berubah.






arni prabawati (x-3/5)

arnii mengatakan...

Daur biogeokimia merupakan daur penting yang ada dalam kehidupan manusia. Yang tentunya akan saling mempengaruhi antara daur biogeokimia dengan aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Jika manusia merusak lingkunganm maka daur biogeokimia juga lama kelamaan dapat berubah. Sehingga perlu kita jaga bumi ini agar daur biogeokimia ini tidak berubah, dan akan terus bermanfaat bagi hidup manusia.



arni prabawati (x-3/5)

arnii mengatakan...

Daur biogeokimia menjadi daur yang penting dalam hidup manusia. Mulai dari daur air, karbon, nitrogen, fosfor hingga sulfur sangat bermanfaat bagi manusia.





Samia Bachmid (x-3/16)

cabinet mengatakan...

Blog ini kalau bisa jangan hanya mengulas masalah Daur Biogeokimia saja, bagaimana jika di tambahkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan biologi secara keseluruhan

terima kasih

diqky_genx mengatakan...

ikut nyomot daur2nya ya bu